Nelayan Aceh Timur Temukan Warga Thailand Terombang-ambing di Tengah Laut

31

Banda Aceh – Nelayan Aceh Timur menemukan warga negara Thailand bernama Pim Manaf Langmaja (22) saat terombang-ambing di tengah laut, lebih kurang 50 mil dari Kuala Idi Cut, kabupaten setempat.

Kepala Satuan Polairud Polres Aceh Timur, Iptu Zainurrusydi menyebutkan, warga Thailand itu ditemukan oleh Kapal KM Althaf Jaya yang dipawangi Musliadi (30) bersama Muliadi (25) dan Hariandi (40).

“Awal ditemukan warga Thailand tersebut pada hari Kamis tanggal 17 Juni 2021 sekira pukul 18.00 WIB,” kata Zainurrusydi dalam keterangannya, Sabtu (19/6/2021) malam.

Penemuan itu, lanjut dia, berawal saat KM Althaf Jaya sedang berlayar. Sekira pukul 18.00 WIH terdengar suara orang meminta tolong di dalam air.

Lalu, kata Zainurrusydi, ketika dilihat oleh pawang ternyata ada satu orang laki-laki sedang terombang ambing di laut menggunakan life jaket pada badan.

“Dan menggunakan pelampung dari sterofom, kemudian pawang Musliadi menolang korban tersebut dan dilaporkan ke Panglima Laot Idi Cut, Herman,” tutur Zainurrusydi.

Ia menambahkan, berdasarkan keterangan pawang Musliadi, Korban yang ditolong tersebut adalah warga negara Thailand dan sudah terombang-ambing selama 5 hari di laut.

“Selanjutnya sekira pukul15.45 WIB telah dilakukan tindakan swab antigen oleh pihak Dinkes Aceh Timur terhadap warga Thailand tersebut dengan hasil test negatif, selanjutnya pihak imigrasi Kota Langsa membawa warga Thailand tersebut untuk tindak selanjutnya,” ujarnya. []

Tinggalkan Komentarmu!