Presiden Pecat Irwandi, Munawar Liza: Selamat Gubernur Nova Iriansyah

675
Irwandi Yusuf saat di Bandara Arlanda Stockholm, tahun 2005. (Dok. Teuku Hadi via FB Munawar Liza Zainal)

Banda Aceh – Mantan juru runding Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Munawar Liza Zainal ikut angkat bicara terkait pemberhentian Irwandi Yusuf dari jabatannya sebagai Gubernur Aceh periode 2017-2022.

Menurutnya, setelah Mahkamah Agung memutuskan perkara Irwandi Yusuf, maka sifatnya sudah inkrah. Lalu, terbitnya Keputusan Presiden (Keppres) tentang Pengesahan dan Pemberhentian Gubernur Aceh, maka telah berakhir tugas dan jabatan yang diemban Irwandi selama ini.

“Terima kasih kepada Bang Wandi atas segala pengorbanan yang luar biasa, dedikasi yang tinggi, kerja keras yang melelahkan dalam mengabdi memperjuangkan kepentingan masyarakat Aceh,” tulis Munawar Liza Zainal di akun facebook-nya sebagaimana dilihat pikiranaceh.id, Jumat (16/10/2020) malam.

Munawar Liza mendoakan semoga apa yang dilakukan Irwandi Yusuf selama menjabat Gubernur Aceh menjadi amal saleh dan dibalas berlipat ganda oleh Allah SWT. Ia juga mengucapkan selamat kepada Nova Iriansyah yang bakal menjadi gubernur definitif.

“Selamat kepada gubernur Nova Iriansyah dalam melanjutkan tugas-tugas Bang Wandi,” ujar Nova.

Irwandi Yusuf saat di Bandara Arlanda Stockholm, tahun 2005. (Dok. Teuku Hadi via FB Munawar Liza Zainal)

Dalam postingan tersebut, Munawar Liza juga mengklarifikasi beberapa isu miring terhadap Irwandi Yusuf.

Pertama, Munawar Liza menjelaskan bahwa Irwandi Yusuf tidak melarikan diri sebagaimana disebutkan oleh beberapa media, tetapi penjaranya disapu oleh gempa dan tsunami 2004.

“Tidak ada orang yang gila menunggui reruntuhan penjara,” tutur mantan Wali Kota Sabang ini.

“Bang Wandi keluar untuk menyelamatkan keluarganya,” lanjut Munawar Liza.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa Irwandi Yusuf tidak lari ke Finlandia sebagaimana diberitakan, tetapi berangkat ke sana untuk menjadi bagian dari Tim Perunding GAM di Helsinki.

“Beliau menggunakan paspor dengan nama sendiri, Irwandi Yusuf, tidak dengan nama atau identitas palsu,” ungkap Munawar Liza. (P-04)

Baca: Presiden Pecat Irwandi dari Jabatan Gubernur Aceh

Tinggalkan Komentarmu!