Beasiswa Studi di Al-Azhar Telah Dibuka, Yuk Daftar!

1816
Suasana Ramadhan di Kairo (Tashdieq Ulil Amri/Istimewa)

Jakarta – Kedutaan Besar Republik Arab Mesir di Jakarta telah membuka peluang beasiswa bagi lulusan MA sederajat dari Indonesia. Pembukaan seleksi tersebut ditandai dengan disebarkannya formulir calon penerima beasiswa oleh staf Kedubes Mesir melalui media sosial.

Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Cabang Indonesia melalui website-nya oiaa.or.id menyebutkan, informasi penting yang dimuat di dalam formulir tersebut antara lain, untuk mendaftar, peserta harus mengisi formulir yang disediakan.

Kemudian, peserta diminta menulis artikel dalam bahasa Arab tentang tema-tema yang sudah ditentukan di dalam formulir. Penyerahan formulir dan artikel dilakukan melalui email ke azharexams2021@gmail.com selambat-lambatnya 15 Oktober 2020.

Adapun formulir pendaftaran dapat diunduh di SINI. Hanya peserta yang lolos yang akan dihubungi oleh Kedubes Mesir untuk menentukan ujian tahap berikutnya yaitu wawancara via panggilan video.

Seperti diketahui, setiap tahunnya Kedubes Mesir mengadakan seleksi untuk menentukan peraih beasiswa studi di Al-Azhar sebanyak 20 orang. Beasiswa tersebut berbeda dengan beasiswa yang diberikan oleh Al-Azhar untuk Kementerian Agama RI yang juga berjumlah 20 orang.

Setelah dinyatakan lulus sebagai penerima beasiswa, masing-masing calon mahasiswa Al-Azhar ini akan menunggu panggilan selanjutnya. Lamanya waktu tunggu ini, baik untuk beasiswa Kemenag RI maupun Kedubes Mesir, tidak ada batas waktu pastinya.

Meski demikian, mengaca pada tahun-tahun sebelumnya, waktu tunggu sejak pengumuman kelulusan hingga keberangkatan kurang lebih 1 tahun.

Informasi lain yang tidak dicantumkan dalam formulir dapat ditanyakan langsung kepada Kedutaan Besar Mesir di Jakarta dengan alamat Embassy of Egypt di Jl. Teuku Umar No.68, RT.5/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310 Telepon: (021) 31935350 (jam kerja). []

Tinggalkan Komentarmu!